ARTIKEL SEPUTAR FINANSIAL

GRATIS UNTUK ANDA

Istilah “lebih besar pasak daripada tiang” sangat populer untuk mendeskripsikan cara seseorang dalam mengelola keuangannya. Apakah istilah tersebut juga berlaku pada diri Anda? Sebaiknya, jangan ya karena kondisi finansial yang tidak sehat sangat menyebalkan.

Cara mengelola keuangan memang menjadi masalah utama bagi mereka yang masih muda dan meniti karier. Bahkan, banyak pekerja-pekerja muda ini yang sama sekali tidak peduli dengan masalah finansial. Jika dompet sudah kosong saja, barulah bertanya-tanya ke mana uang tersebut pergi.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, inilah sifat-sifat yang bisa bikin siapa saja jadi boros.

1. Sulit Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Tahukah Anda apa perbedaan mendasar antara kebutuhan dan keinginan? Kebutuhan adalah barang-barang pokok atau utama yang pemenuhannya tidak dapat ditunda-tunda.

Sementara keinginan adalah suatu hasrat untuk memiliki suatu barang karena bagus dipandang mata. Dengan kata lain, keinginan hanyalah sebatas untuk memenuhi gaya hidup.

Contohnya, saat ingin beli baju atau perhiasan, keduanya sekilas bisa dikatakan sebagai kebutuhan, apalagi bagi seorang wanita. Namun, baju adalah sebuah kebutuhan dan perhiasan merupakan keinginan.

Oleh sebab itu, lebih baik memutuskan untuk membeli baju ketimbang perhiasan. Lagi pula, perhiasan jarang dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

 

2018-03-12T07:40:54+00:00